Senin, 31 Desember 2018

UPGRADING, MENUMBUHKAN SOLIDARITAS DAN INTEGRITAS


Paguyuban KSE Universitas Riau telah melakukan kegiatan “Upgrading Penerima Beasiswa KSEUniversitas Riau Periode 2018/2019” dengan tema “Menumbuhkan Solidaritas dan Integritas Penerima Beasiswa Melalui Upgrading 4.0 Paguyuban Karya Salemba Empat Universitas Riau”. Kegiatan ini dilakukan pada :
Hari                 : Sabtu dan Minggu
Tanggal           : 15-16 Desember 2018
Pukul               : 12.00 WIB s.d selesai
Tempat            : Bumi Perkemahan Universitas Riau
Kegiatan ini bertujuan untuk menguprade penerima beasiswa, memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang Paguyuban KSE Unri, menumbuhkan jiwa solidaritas dan integritas antar penerima beasiswa, mengasah team work/kerja sama antar penerima, memacu semangat untuk membuat Paguyuban KSE Unri lebih baik lagi, serta mengamalkan jargon khas KSE yaitu Sharing, Networking, and Developing.
Kegiatan ini dimulai dengan peserta kegiatan berkumpul di titik kumpul yaitu Sekre Paguyuban KSE Unri sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dilanjutkan dengan jalan bersama menuju lokasi kegiatan dengan peserta membawa perlengkapan untuk berkemah, baik perlengkapan pribadi maupun perlengkapan kelompok dan diiringi menyanyikan Mars KSE, Mars Pagyuban, Yel-yel KSE Muda, Tatap Mata yang Tajam, dan sebagainya. Setelah sampai di lokasi kegiatan, peserta disambut oleh panitia dan melakukan acara pembukaan. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan berbenah diri, shalat Ashar, membangun tenda, bermain games (rangking 1, permainan kekompakan, permainan ikuti saya, dan sebagainya). Setelah beberapa games dilanjutkan dengan berbenah untuk persiapan shalat Magrib. Setelah shalat Magrib dilanjutkan dengan makan bersama, penghidupan api unggun, penampilan yel-yel serta Pensi dan bernyanyi bersama alumni. Setelah acara pensi dilanjutkan dengan sharing alumni hingga pengumuman anak bintang, anak tenggkorak, dan kelompok tengkorak. Kelompok tengkorak mendapat hukuman menjaga agar api unggun tidak padam selama agenda bersama dengan panitia. Di jam 2 dini hari, dilaksanakan kegiatan Jurit Malam, dimana semua kelompok yang telah dibagikan dibangunkan dan harus melewati 2 posko. Di posko 1 ditanya mengenai pemahamannya tentang Paguyuban KSE Unri dan evaluasi kinerja masing-masing penerima beasiswa. Pada posko 2 yaitu pemberian motivasi dan semangat oleh abang-abang dan kakak alumni kepada seluruh peserta. Dilanjutkan dengan shalat subuh dan bermain bola di pagi hari. Setelah itu semua perserta sarapan dan beristirahat sebentar. Setelah beristirahat dilanjutkan dengan berbagai permainan, yaitu tunjuk bumi, serta permainan yang mengasah kerja sama tim. Setelah bermain, tepat pada pukul 09.00 WIB semua peserta berkemas, berganti baju, merapikan perlengkapan pribadi dan kelompok, untuk bersiap-siap acara penutupan. Pada pukul 10.00 WIB dilaksanakan penutupan acara Upgrading sekaligus pengumuman kelompok terbaik, yel-yel terbaik, king dan queen, pensi terbaik, beswan teraktif bulan November dan Desember, dan dua divisi terbaik. Setelah pengumuman dilanjutkan dengan fun colour dan makan bersama serta berkemas-kemas semua perlengkapan kemah.
Harapannya dengan adanya kegiatan ini membuat penerima beasiswa KSE Unri semakin akrab dan solid lagi. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi semua peserta dan panitia.