Senin, 31 Desember 2018

MENGENAL "RAGAM" RUMAH GURINDAM, BIMBINGAN BELAJAR GRATIS PAGUYUBAN KSE UNRI


RAGAM (Rumah Gurindam) merupakan bimbingan belajar yang dibentuk oleh penerima beasiswa Karya Salemba Empat Universitas Riau yang bertujuan untuk membantu adik adik SMA kelas 3 dalam rangka menghadapi UN (Ujian Nasional) dan kemudian dilanjutkan untuk membantu adik adik yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi dengan pembelajaran menhadapi SBMPTN. Ragam diinisiasi oleh divisi Ragam Paguyuban Karya Salemba Empat Universitas Riau. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Ragam yaitu:
1.        Sosialisasi Ragam
2.        Meet up Ragam
3.        Belajar UN dan SBMPTN
4.        TOKSER dan Sosialisasi Beasiswa

Sosialisasi Ragam
Sosialisasi Ragam dilakukan diberbagai SMA/Sederajat yang ada di kota Pekanbaru. Dengan tujuan untuk memperkenalkan "Ragam" rumah belajar yang ada di paguyuban Karya Salemba Empat Universitas Riau kepada siswa/i kelas XII disana. Sosialisasi dilakukan dengan cara mendatangi sekolah-sekolah dan berbicara didepan siswa kelas XII IPA/IPS SMA di Pekanbaru.

Meetup Ragam
Meet up dilakukan untuk menumbuhkan rasa keakraban kepada para tentor dengan siswa/i Ragamnya. Agar pada saat proses belajar mengajar yang dilakukan oleh tentor kedepannya tidak terlalu datar dan membosankan. Kerena tentor dan siswa/i Ragam telah diberi waktu untuk bermain bersama - sama pada saat acara ini. Karena selain ada sesi perkenalan antar tentor dan siswa/i ragam disini juga dibuat berbagai macam games guna memperdalam keakraban diantara mereka. Meet up biasanya dilakukan di wilayah kampus Universitas Riau.

Belajar UN dan SBMPTN
Setelah cukup mengenal antara tentor dan siswa Ragam, maka setelah itu dilanjutkan dengan proses belajar mengajar. Kegiatan ini dibagi menjadi dua fokus. Yaitu pertama fokus kepada UN dan yang kedua fokus kepada SBMPTN. Siswa belajar di sekretariat KSE Unri dengan jadwal yang telah ditentukan. Tenaga pengajar merupakan penerima beasiswa KSE Unri dari berbagai bidang keilmuwan yang membimbing adik-adik dan mengarahkan untuk pemilihan jurusan di Perguruan Tinggi Negeri. Siswa Ragam yang mengikuti SBMPTN juga ditemani untuk mencari ruangan ujian lalu dikumpukan dan berdoa bersama-sama.

TOKSER dan Sosialisasi Beasiswa
Kegiatan ini merupakan puncak dari program kerja dari Divisi Ragam. Kegiatan ini berisikan peserta yang merupakan calon peserta ujian SBMPTN 2018. Yang mana kegiatan ini juga bisa dibilang simulasi dari ujian SBMPTN 2018 yang sebenarnya. Selain simulasi ujian SBMPTN 2018, kegiatan ini juga diisi dengan sosialisasi beberapa beasiswa yang ada dibeberapa Universitas yang ada di Indonesia. Yang kami undang dalam sosialisasi seperti penerima beasiswa dari Tanoto, Djarum, Bidikmisi, dan KSE sendiri.

Hingga saat ini, alumni RAGAM "Rumah Belajar Gurindam" tersebar di beberapa universitas negeri, sekolah tinggi dan perguruan tinggi lainnya dengan rincian sebagai berikut:
Ragam generasi 1 berjumlah 8 siswa dan berhasil meloloskan siswa ragam sebanyak 6 siswa di PTN
Ragam generasi 2 berjumlah 25 orang dan berhasil meloloskan sebanyak 13 siswa di PTN
Ragam generasi 3 berjumlah 20 orang dan berhasil meloloskan sebanyak 15 siswa di PTN

Ayoo bersama-sama membantu mencerdaskan kehidupan bangsa...
KSE? Sharing-Networking-Developing