Rabu, 16 November 2016

GPS UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG ASRI DAN INDAH

Assalamualaikum wr. wb.
Salam sejahtera untuk kita semua.
Kepada yang terhormat Ayahanda Founder Yayasan Karya Salemba Empat, Donatur KSE, Pengurus/Staff Karya Salemba Empat, dan teman-teman Paguyuban KSE se-Nusantara.
Saya ucapkan selamat malam.

Lingkungan yang bersih merupakan awal hidup sehat karena memberikan dampak positif pada kesehatan manusia. Namun, budaya membuang sampah pada tempatnya seakan menjadi kebiasaan yang terlupakan di kalangan masyarakat di zaman sekarang ini. Akibat yang ditimbulkan adalah menumpuknya sampah yang menjadi sumber dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu Paguyuban KSE UNRI mengadakan suatu kegiatan Gerakan Pungut Sampah (GPS) yang ditaja oleh Divisi Pengembangan Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 9 Oktober 2016 di kawasan Stadion Utama Riau. GPS merupakan kegiatan nasional yang dilakukan oleh seluruh paguyuban KSE se-nusantara. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar beaswan dan menumbuhkan semangat cinta lingkungan. 
Kegiatan dimulai pada pukul 06.30 WIB yang diawali dengan olahraga ringan dan arahan dari koordinator acara dan ketua paguyuban KSE UNRI. Prosedur dari kegiatan ini dilaksanakan dengan membagi beaswan ke dalam sembilan kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang anggota. Dengan membawa dua kantong plastik, mahasiswa memungut sampah dan memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sampah organik akan langsung dibuang ke tempat pembuangan sampah, sedangkan sampah anorganik akan diolah kembali menjadi suatu produk kerajinan yang akan memberikan value added terhadap barang tidak terpakai tersebut. 
Antusiasme para mahasiswa dalam kegiatan ini sangat luar biasa terlebih adanya sistem penilaian yang akan menetapkan juara I, II, dan III untuk kelompok terbaik. Kegiatan GPS kali ini juga dihadiri oleh ketua paguyuban KSE USU. Beliau bersama dengan pembina paguyuban KSE UNRI mengadakan suatu games yang semakin memeriahkan kegiatan ini serta menciptakan kesolidan di dalam kelompok. 
Semua hal besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Semoga kegiatan GPS ini dapat bermanfaat bagi lingkungan dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan ini berakhir pada pukul 11.00 WIB dan dilanjutkan dengan acara sharing serta evaluasi dari kegiatan GPS. 
Ingin tetap sehat? Ayo jaga kebersihan Lingkungan !! 

Salam SuKSEs 

Berikut Dokumentasi Kegiatan: